Sistem OSEBI

Peserta Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI) adalah peserta didik jenjang sekolah dasar hingga menengah (SD, SMP, MTs, SMA, SMK, MA, MAK) dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini terdiri dari 4 kategori yaitu : Lomba Menulis (Cerpen/Puisi/Esai), Baca Puisi, Menyanyi Solo, Tari Kreasi Nusantara.

Untuk setiap kategori tersebut, pemenang akan ditentukan melalui dua tahapan, yaitu Fase Pra-Eliminasi dan Fase Final.

Fase Pra-Eliminasi:

  1. Pada babak ini, seluruh calon peserta ditantang untuk mengunggah materi lomba berupa video penampilan mereka di situs YouTube dan mendaftarkan diri untuk kemudian diseleksi oleh Juri Pra-Eleminasi. Kesempatan Pra-Eliminasi dibuka hingga 10 Desember 2018 pukul 23:59 WIB
  2. Sesuai dari hasil seleksi tersebut tim panitia akan mengumumkan para peserta yang akan menjadi finalis dari setiap kategori OSEBI pada tanggal 22 Desember 2018.

Fase Final:

Setelah didapat 10 orang finalis dari masing-masing kategori Lomba Menyanyi dan Penampilan Puisi, 6 finalis dari kategori Lomba Tari Kreasi Nusantara, dan 3 finalis dari masing-masing kategori Lomba Menulis, mereka akan mengikuti kegiatan selama 3 (tiga) hari:  

  1. Hari Pertama (22 Februari 2019) para Finalis akan berlomba di tahap Grand Final untuk seluruh kategori lomba. Perlombaan akan dilaksanakan di Sekolah Kharisma Bangsa yang beralamat di Jalan Terbang Layang No. 21, Kel. Pondok Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan 15418, Provinsi Banten, di berbagai area yang berbeda.
  2. Hari kedua (23 Februari 2019) akan diisi dengan Uji Kecakapan Bahasa Indonesia bagi para Finalis. Dilanjutkan dengan kegiatan persiapan pertunjukan Festival Seni dan Budaya di hari ketiga. Selama satu hari penuh para Finalis akan berlatih vokal dan koreografi demi menghasilkan pertunjukan yang apik dan mengesankan. Pada tahap ini Finalis sudah tidak lagi mendapatkan penilaian karena proses penilaian sudah selesai setelah tahap Uji Kecakapan Bahasa Indoensia selesai dilakukan. Nilai akhir didapatkan dari penggabungan nilai grand final dengan nilai uji kecakapan bahasa Indoensia yang akan menentukan juara 1, 2, dan 3.
  3. Hari ketiga (24 Februari 2019) akan diselenggarakan Festival Pentas Seni Budaya di Sekolah Karisma Bangsa. Setelah semua Finalis berlatih vokal dan koreografi mereka akan mempersembahkan sebuah penampilan seni budaya sebagai persembahan cinta luhur pada Ibu Pertiwi dengan tema “Harmoni dalam Kebhinekaan”. Di hari yang sama akan diumumkan pemenang OSEBI Inaugurasi 2019 sekaligus pemberian penghargaannya.   
Close Menu