Tentang OSEBI

Seni dan budaya adalah bagian yang integral dan tak terpisahkan dalam dunia pendidikan. tak hanya menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, wawasan seni dan budaya adalah wahana yang efektif tak hanya sebagai pembelajaran, tetapi juga ajang kreatifitas dan hiburan dengan kearifan lokal. Dalam berbagai bentuk, seni dan budaya adalah oase yang menyegarkan bagi mereka yang merindukan kesegaran dari budaya dan kearifan lokal. Baik berbentuk seni rupa, seni pertunjukkan, dan seni sastra.

Atas dasar pemikiran tersebut, kami bercita-cita untuk mewadahi bakat-bakat segar Nusantara dalam bidang seni dan budaya sehingga demi melestarikan kearifan lokal dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia patut berbangga dengan kekayaan seni dan budaya. Kebanggaan ini kami ejawantahkan ke dalam sebuah kegiatan bertajuk Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI).

Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI) merupakan ajang tahunan yang menjadi media untuk menggali bakat, kemampuan, dan kecerdasan siswa, memperkaya sumbangsih bagi khasanah budaya bangsa dengan memberi kesempatan kepada siswa dalam pengembangan kecerdasannya dalam bidang seni dan bahasa Indonesia. Kegiatan ini diperuntukkan bagi para generasi muda Indonesia yang berusia antara 6 – 18 tahun. Tahun 2018 ini adalah tahun keempat OSEBI diselenggarakan.

Kegiatan OSEBI juga dilandasi pemikiran bahwa kita perlu mendorong para remaja untuk mencintai seni dan budaya demi mengabadikan kearifan lokal. OSEBI diikuti oleh para siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA yang datang dari beberapa daerah di seluruh Indonesia. Mereka adalah siswa-siswa kita yang memiliki kreativitas di bidang seni, budaya, dan bahasa dengan mendedikasikan sebagian waktunya untuk menciptakan karya yang apik.

Close Menu